SMK Muhammadiyah 6 Donomulyo Launching Dua Jurusan Baru

MENGUBAH image tak hanya jago ilmu teknik namun juga mahir bisnis, SMK Muhammadiyah 6 Donomulyo (SMK Muhendo) melaunching dua jurusan baru, Sabtu (14/4) lalu. Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHPt) dan Agrobisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) menjadi harapan baru untuk menciptakan lapangan pekerjaan di wilayah Donomulyo dan sekitarnya.
Adanya dua jurusan tersebut, hasil pertanian dan perikanan akan dimanfaatkan atau diolah menjadi makanan dan minuman yang inovatif bernilai ekonomi tinggi. Implementasinya bisa meningkatkan pendapatan petani dan nelayan, serta memunculkan pengusaha kecil dari kalangan generasi muda.
Kepala sekolah SMK Muhendo, Drs. Nasikin, S.Pd, mengatakan, dua jurusan ini sudah bisa menerima siswa baru tahun ajaran 2018/2019 pada Juli mendatang. Bahkan secara keseluruhan, SMK Muhendo sudah sangat matang mempersiapkan segala yang dibutuhkan APHPt dan APHPi ini.
“Mulai dari tenaga pendidik, serta sarana dan prasarana, kami juga sudah menyiapkan peralatan yang nanti dibutuhkan siswa untuk praktik langsung,” ujar Nasikin.
Peralatan yang sudah ada diantaranya Vacum Frying, alat penggorengan keripik buah, mesin pencetak bakso ikan dan daging, dan alat produksi abon ikan. Sedangkan potensi yang bisa dikembangkan dari Donomulyo dan sekitarnya yakni pisang, salak, nangka, tape, lele, dan tuna yang produksinya cukup tinggi sehingga perlu diolah guna meningkatkan hasil jualnya.
Mengingat dua jurusan ini masih sangat awam di kalangan masyarakat, SMK Muhendo harus bekerja lebih keras untuk memperkenalkan program keahlian ini. Tahun ini siswa baru yang ditargetkan yakni sekitar 26 sampai 36 siswa.
“Kesiapan kami terhadap dua jurusan APHPt dan APHPi sudah sangat matang, jika dibandingkan dengan yang sudah memiliki program keahlian ini sepertinya kami sebanding. Mudah-mudahan target siswa kami terpenuhi dan diimbangi dengan input yang optimal,” kata Nasikin.
Selama kurang lebih satu tahun mempersiapkan dua juruasan ini, SMK Muhendo terus optimis bahwa yang ditargetkan mampu terpenuhi sesuai harapan. Mengingat, APHPt dan APHPi memiliki keunggulan, yang paling utama yakni mencetak entrepreneur di bidang hasil pertanian dan perikanan serta mencetak lulusan yang siap bekerja secara profesional.
Keseriusan jurusan baru juga dibuktikan melalui kerja sama dengan beberapa praktisi di bidang UMKM pengolahan hasil pertanian di Kabupaten Malang, pasar Probolinggo dan Jember mulai dari pemasok bahan baku hingga pemasaran hasil produksi. Program keahlian baru ini akan difokuskan pada kemandirian peserta didik.
“Mulai sekarang kami sudah dipandu untuk produksi, operator kami sepertinya juga sudah sangat familiar dengan alat-alat produksi. Bahkan uji coba kedua sudah menghasilkan keripik yang layak dijual menurut para peserta jalan sehat saat launching,” pungkasnya.
https://www.malang-post.com/pendidikan/fokus-pertanian-dan-perikanan-launching-dua-jurusan-baru
This entry was posted in Kegiatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *