Siswa SMK Muhendo Menghapal Al Quran dengan Peragaan Maknanya

Program literasi sekolah yang diterapkan di SMK Muhammadiyah 6 Donomulyo, Kabupaten Malang atau disebut juga SMK MUHENDO, sangat unik dan inovatif.

Literasi sekolah yang diterapkan adalah menghapal ayat Al Quran dengan metode master. Metode ini berprinsip menghapal Al Quran semudah tersenyum.

Caranya, siswa melafazkan sejumlah ayat- ayat suci Al Quran  lalu terjemahan ayat-ayat disampaikan melalui gerakan bahasa isyarat tangan guna memperkuat   daya ingat dalam menghapal.

Program dimulai Kamis (23/11/2017)  dipelopori oleh Muhammad Abdul Rohman SPdI, pengajar Kemuhammadiyahan di sekolah ini. Karena metode baru program ini disambut antusias oleh para siswa.

Rohman menuturkan, menghapal Al Quran dengan metode master  merangsang kerja otak kanan dan otak kiri secara bersamaan. Efeknya  siswa mendapat atau bahkan menciptakan sugesti positif yang  banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Tujuan literasi menghafal Al Quran ini diharapkan siswa di samping kompeten bidang akademis, juga hapal Al Quran beserta terjemahannya. Kemampuan ini dipastikan dapat mengubah akhlak dan pola pikir yang lebih baik,” katanya.

Hapalan Al Quran dan terjemahnya,  sambung dia, bermanfaat saat terjun ke masyarakat. “Bisa berdakwah menyampaikan ayat atau mengajar mengaji Al Quran,” kata dia. (joko basuki)

This entry was posted in Kegiatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *